ADMOD

header ads

BAB 1. DASAR-DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER

1.1. Pendahuluan
Setiap orang yang bekerja biasanya membutuhkan alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaannya supaya menjadi lebih mudah. Seorang tukang kayu misalnya membutuhkan palu, gergaji dan pengukur. Ahli mesin membutuhkan kunci pas dan obeng. Seorang teknisi elektronika membutuhkan multimeter, oscilloscope dan solder untuk menyelesaikan pekerjaannya. Beberapa peralatan bantu tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan jenis pekerjaannya, misalnya seorang ahli bedah, maka orang tersebut harus mempunyai peralatan yang didesain secara khusus untuk melakukan operasi.Peralatan tersebut tentunya tidak biasa

digunakan oleh orang lain selain ahli bedah. Ada beberapa peralatan yang digunakan oleh beberapa profesi, misalnya: obeng digunakan oleh ahli mesin, tukang kayu, tukang listrik dan lain sebagainya. Selain obeng, komputer juga merupakan sebuah peralatan yang digunakan oleh banyak profesi, sehingga hal tersebut sangat sulit dikategorikan pada bidang apa. Selain seperti dijelaskan diatas komputer juga mencakup banyak pekerjaan yang berbeda atau boleh jadi dapat dikatakan menjadi peralatan yang paling serbaguna yang pernah dibuat. Pemanfaatan komputer oleh seorang akuntan, digunakan untuk menganalisis keuntungan, untuk membuat laporan keuangan, tetapi pada sebuah pabrik komputer digunakan sebagai kendali mesin-mesin produksi, sedangkan pada seorang mekanik digunakan untuk menganalisis berbagai sistem pada mesin dan permasalahan lainnya.


Mengapa komputer menjadi peralatan yang sangat serbaguna?. Jawabanya sangat sederhana, komputer dapat mengerjakan tugas-tugas yang bervariasi karena komputer dapat diprogram. Komputer merupakan sebuah mesin yang khusus hanya mengikuti instruksi yang diberikan padanya.Karena komputer bersifat  programmable, sehingga komputer tidak hanya milik satu profesi saja. Komputer dirancang untuk mengerjakan pekerjaan yang sesuai program-program yang diberikannya padanya. Pekerjaan sebagai programmer merupakan pekerjaan yang sangat penting karena merekalah yang membuat perangkat lunak yang digunakan untuk menginstruksikan komputer sebagai peralatan yang sesuai dengan yang diinginkan. Tanpa programmer, pengguna komputer tidak mempunyai perangkat lunak, dan tanpa perangkat lunak komputer tidak akan bisa mengerjakan apapun. Dalam pemrograman komputer ada dua kombinasi yang tidak terpisahkan yaitu seni dan ilmu pengetahuan. Dikatakan dalam seni karena setiap aspek dalam program harus dirancang dengan hati-hati. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah komputer adalah sebagai berikut: Aliran

Pemprograman berkaitan dengan aspek ilmu pengetahuan berkaitan dengan ilmu teknik karena jarang sekali program dapat berjalan baik pada saat program pertama kali ditulis. Biasanya perlu banyak dilakukan percobaan, pembetulan dari kesalahan maupun dirancang ulang sesuai dengan kebutuhan.
Dengan adanya hal tersebut diatas maka dibutuhan seorang programmer yang memahami dua kemampuan yaitu seni dan ilmu pengetahuan.


Seorang programmer harus menguasai bahasa yang dimiliki oleh komputer seperti bahasa C++, Java 
atau bahasa pemrograman lainnya. Bahasa tersebut merupakan cara komputer supaya bisa memahami apa yang diperintahkan karena komputer tidak paham bahasa Indonesia atau bahasa manusia manusia, sehingga programmerlah yang harus menyesuaikan dengan komputer.





Posting Komentar

0 Komentar